Minggu, 10 Mei 2015

Ini alasan kenapa makan dan minum harus duduk.

Marilah kita biasakan hal-hal yang spele tetapi sesuai dengan ajaran Agama 


Ini alasan kenapa makan dan minum harus duduk.


Alasan dari Sisi Agama
Agama Islam melarang keras orang makan dan minum dengan berdiri. Larangan ini seolah hanya saran sederhana saja mengenai larangan orang yang melakukan makan dan minum dengan cara berdiri. Pendeknya, Islam mengharuskan orang makan dan minum harus duduk. Lalu apa sebenarnya alasan kenapa makan dan minum harus duduk?

Inilah Alasan Kenapa Makan dan Minum Harus Duduk
Ada hadits yang menyinggung tentang tata cara makan dan minum seorang muslim yang benar. Hadits yang berbunyi : “janganlah kamu minum sambil berdiri”, menyinggung tentang bagaimana cara seorang muslim minum yang baik. Cara minum yang dijelaskan dalam hadits ini juga berarti menyangkut cara makan.

Cara minum dan makan yang baik dilakukan dengan cara duduk. Makan dan minum secara duduk ini benar-benar dalam arti duduk yang sebenarnya. Apabila menemui kondisi yang paling tidak memungkinkan sekalipun, orang harus mencari tempat untuk duduk pada saat makan dan minum. Apabila tidak bisa menemukan kursi, tempat duduk, atau apapun juga yang bisa diduduki, maka disarankan untuk berjongkok.  Yang penting usahakan tubuh Anda berada dalam posisi rendah, dan ada batas tekukan dari sisi tubuh yang atas dengan tubuh yang bawah.

Agama Islam mengharuskan orang makan dan minum dengan posisi yang rendah, dengan maksud untuk menahan atau mengerem sifat manusiawi manusia yaitu serakah. Melakukan makan dan minum, membuat orang tidak menjadi serakah untuk berusaha memakan semua yang terhidang. Menekan ego dan membuat menjadi lebih tenang.

Hadits lainnya yang menyebutkan larangan makan dan minum sambil berdiri adalah hadits yang diriwayatkan oleh Anas ra. Nabi SAW bersabda : "Bahwa ia melarang seseorang untuk minum sambil berdiri". Jamaah tabligh bertanya, "Kemudian kami bertanya kepada Anas tentang makan. Ia menjawab bahwa hal itu lebih buruk."

Alasan dari Sisi Kesehatan
Para pecinta kumpulan misteri yang berbahagia. Apabila alasan dari sisi agama agak sulit Anda terima, mari kita tilik alasan kenapa makan dan minum harus duduk dari sisi kesehatan.

Tubuh manusia terdiri atas satu jaringan daging dan darah yang berkesinambungan dari atas sampai ke bawah. Pada saat Anda melakukan kegiatan makan dan minum dengan cara berdiri, maka ada suatu saluran yang lurus dan terbentuk dari tubuh Anda, seperti jalur bypass yang bebas hambatan. Ketika Anda minum dengan cara berdiri, air yang Anda minum akan terus turun meluncur tanpa saringan masuk ke kandung kemih.

Pada saat perjalanan ke kandung kemih tersebut, terjadi beberapa pengendapan pada saluran di sepanjang rute yang dilalui air yang disebut dengan ureter.  Dengan begitu banyaknya limbah beracun sisa makanan yang mengendap di ureter inilah, yang menjadi pemicu petaka. Biasanya diawali oleh rasa sakit di sekitar perut.

Di dalam tubuh memiliki sebuah struktur otot maskuler yang berfungsi seperti klep air pada saluran air keran. Klep otot tersebut dapat dibuka dan ditutup untuk mengatur jalannya pengairan dalam tubuh. Ketika Anda minum sambil berdiri klep maskuler tersebut yang bernama sfringer akan terbuka, dan air meluncur deras hingga ke kandung kemih. Dan petaka seperti yang telah disinggung di atas mulai terjadi.

Para pecinta kumpulan misteri pernah dengar tentang penyakit lambung, penyakit ginjal, gagal ginjal, ginjal mengkristal, ataupun sumbatan ginjal? Itu semua adalah panen penyakit akibat makan dan minum tidak dengan duduk. Orang pada akhirnya harus menghabiskan jutaan rupiah untuk melakukan cuci darah. Dan apabila sampai pada titik tertentu bisa mengakibatkan kanker pada usus Anda, dan pada saluran pencernaan Anda.

Alasan dari Sisi Moral
Maka, lagi-lagi tolong perhatikan baik-baik hal ini. Inilah alasan makan dan minum harus duduk. Anda yang tidak mengindahkan segala penjelasan dari sisi agama ataupun dari sisi kesehatan, maka bisa jadi akan juga tidak diindahkan oleh masyarakat secara sosial.

Karena, Anda yang tidak acuh dan kurang pedulian dengan keadaan sekeliling Anda, sekalipun orang pernah memperingatkan Anda untuk jangan makan dan minum sambil berdiri, dan Anda tetap saja tidak acuh. Tinggal memanen dari tindakan Anda sendiri, yakni akan dicap sebagai orang yang tidak punya etika.

Karena biar bagaimanapun makan dan minum sambil berdiri akan diangap tidak sopan, kurang etika, dan tidak berbudaya. Meski berpesta dengan makan-minum sambil berdiri dianggap trendy dan gaul, namun tetap saja standing party ala budaya barat itu tetap masih tidak sesuai dengan budaya Indonesia yang mengusung kelembutan dan keanggunan. Maka jangan lagi makan dan minum dengan berdiri. Tapi ingatlah selalu apa alasan makan dan minum harus duduk.

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Pages